Pembinaan Penelitian Dalam Rangka Persiapan LPIR tingkat Nasional

IMG_1187Yogyakata, Sagasitas – Dinas pendidikan dan olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pembinaan penelitian dimulai dari tanggal 21 Oktober 2015 hingga 24 Oktober 2015. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa sekolah menengah pertama yang lolos seleksi proposal LPIR tingkat nasional. Aktifitas ini bertujuan untuk menyiapkan siswa dalam ajang LPIR tingkat nasional yang akan diadakan di Bali pada bulan Oktober ini.

Adapun skema pembimbingan yang dilakukan lebih menekankan bagaimana melakukan presentasi penelitian dengan baik dan benar. Disamping itu, para siswa juga diajarkan berbagai teknik presentasi serta bagaimana membuat presentasi yang enak dipandang oleh khalayak. “Sampai saat ini, para siswa sudah lebih siap untuk presentasi, namun dari segi kesiapan materi akan kami cek lagi supaya materi presentasi juga cukup matang untuk dipresentasikan di depan dewan juri” Ujar Dyah Dani, Pembina tim Daerah Istimewa Yogyakarta di Yogyakarta, Kamis malam.

Dalam penerapan skema pengajaran ini, siswa akan dibagi menjadi tiga kelompok konsentrasi, yaitu, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan teknik. Pembagian siswa menjadi tiga kelompok besar ini bertujuan supaya materi presentasi menjadi lebih berbobot. Disamping itu, terdapat kelas umum yang mengajarkan bagaimana teknik presentasi yang baik, bagaimana membuat presentasi yang enak dipandang, serta memberikan catatan penting ketika siswa melakukan presentasi di depan umum.

“Jadi pada format pembimbingan seperti ini, kami lebih menekankan bagaimana siswa menyampaikan gagasan mereka ke orang lain, bukan pada karya penelitian mereka. Hal ini bertujuan untuk menjaga orisinalitas karya siswa” jelas Rangga Arya, salah satu pembimbing yang ikut dalam acara tersebut. Targetnya, siswa mampu menguasai teknik presentasi, cara membuat presentasi, serta mampu menyampaikan gagasannya didepan umum dengan baik dan benar.

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia