Komunikasi dan Presentasi

 

IMG_20151022_105115Berbicara didepan khalayak, bukan pekerjaan yang mudah bagi seseorang yang tidak terbiasa melakukannya. Dibutuhkan kemampuan dan keberanian untuk melakukan hal tersebut dengan baik dan benar. Sistematika, kedalaman materi, penampilan, gesture, alat bantu, dan artikulasi menjadi beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh presentator. Ditambah lagi , pemahaman mengenai poin kunci dalam sebuah presentasi juga harus dikuasi oleh presentator.

Berikut hal-hal praktis yang dapat diperhatikan oleh presentator ketika menyampaikan gagasan mereka :

  1. Alat bantu presentasi mulai dari power point atau pun poster, hakikinya digunakan untuk menjadi alat bantu presentator dalam menyampaikan gagasan mereka didepan umum. Bukan malah sebaliknya, poin utama ketika seseorang menyampaikan gagasan didepan khalayak adalah presentator bukan alat yang membantu presentator.
  2. Komunikasi dua arah yang terarah. Metode ini digunakan agar diskusi dan interaksi yang terjadi antara presentator dan khalayak menjadi lebih hidup dan terarah. Disamping itu, dengan metode ini dirasa lebih menghargai khalayak sebagai pendengar yang baik.
  3. Pengusaan dan kedalaman pemahaman materi yang akan dipresentasikan. Seorang presentator memiliki kewajiban untuk memahami luar dalam materi yang akan disampaikan. Coba bayangankan, jika presentator tidak mamahami apa yang dia sampaikan, apakah khalayak juga memahaminya? Tentu tidak !
  4. Penampilan dan gesture. Dalam sebuah proses komunikasi terdapat dua jenis komunikasi yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi non verbal akan selalu mendukung komunikasi verbal yang dilakukan seseorang. Sekarang coba kita bayangkan, terdapat seseorang yang melakukan presentasi dengan riang gembira namun dengan mimik yang datar. Sungguh tidak menarik bukan?

Penjelasan diatas merupakan sedikit cara untuk melakukan presentasi baik dan benar. Masih terdapat banyak cara untuk menjadi seorang presentator yang baik. Tidak menutup kemungkinan kamu menemukan cara sendiri untuk menjadi seorang presentator yang baik. Kemampuan seperti ini akan meningkat seiring perkembangan kepercayaan diri dan kematangan emosional seorang individu. Selamat Mencoba !!!

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia