Inovasi Teknologi dalam Rangka Membangun Budaya Penelitian

Salah satu peserta lomba IPTEK Kab. Sleman sedang memamerkan poster hasil penelitiannya.

Salah satu peserta lomba IPTEK Kab. Sleman sedang memamerkan poster hasil penelitiannya.

Sleman, 20 Oktober 2015 – Pada hari itu diselenggarakan lomba inovasi teknologi yang diikuti mulai dari tingkat sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas / sekolah menengah kejuruan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Sleman dan dibuka oleh Drs. Ery Widaryana selaku ketua pelaksana acara tersebut. Ia berpendapat bahwa kegiatan seperti ini harus rutin dilaksanakan untuk membangun budaya penelitian dikalangan siswa Kabupaten Sleman disamping itu kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang pengaplikasian pelajaran yang terdapat disekolah untuk memecahkan masalah di lingkungan sekitar mereka.

Kegiatan ini di ikuti oleh 18 kelompok pada jenjang sekolah menengah pertama, 15 kelompok pada jenjang sekolah menengah atas, dan 14 kelompok pada jenjang sekolah menengah kejuruan. Dalam kegiatan tersebut, seluruh peserta telah membawa idenya kedalam sebuah bentuk nyata untuk dipamerkan dalam acara tersebut, “kami membuat sebuah alat untuk divabel guna memudahkan mereka untuk berjalan yang kami sebut dengan glove eye ‘’ kata ujar Mia Monica Basalamah dari SMK 1 Depok ketika mengikuti acara tersebut. Walaupun acara ini tergolong berhasil, namun kita belum pantas untuk berbangga, kita masih harus sama sama berbenah baik guru maupun siswa serta Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman untuk terus mendorong agar siswa-siswi dapat menghasilkan karya yang berkualitas.

Harapan kedepannya, acara seperti ini harus terus rutin diadakan setiap tahun. Hal ini dikarenakan acara seperti ini dapat membantu siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan siswa ke dalam sebuah teknologi tepat guna, ujar siswa bernama Fajar Tri Sunarno dari SMK Muhammadiyah 1 Prambanan. Salah satu guru pembimbing penelitian dari SMP N 1 Godean menambahkan bahwa kegiatan seperti ini baik untuk menumbuhkan kecintaan siswa-siswi dalam bidang penelitian hingga nanti masuk ketahap budaya penelitian. Selamat Meneliti !!! [surya]

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia