Kebanjiran Proposal PSBI BL

Sagasitas – Dinas pendidikan pemuda dan olahraga seyogyanya pada hari sabtu sudah libur. Namun ada yang berbeda pada hari sabtu kemarin ( tanggal 25 Februari 2012) banyak sekali siswa – siswa yang datang silih berganti. Ternyata pada hari tersebut merupakan hari terakhir pengumpulan proposal penelitian untuk PSBI – BL dinas pendidikan pemuda dan olahraga. PSBI – BL adalah program beasiswa dan pembinaan penelitian untuk seluruh siswa SMA negeri dan swasta di provinsi Yogyakarta.

Saat ini sudah terkumpul tidak kurang dari 400an proposal penelitian dalam berbagai bidang keilmuan. Mulai dari kesehatan, pertanian, IT dan teknologi, kebudayaan, sosiologi, sampai psikologi dan ekonomi juga ada. Keberagaman tema penelitian tersebut cukup menggembirakan, karena itu artinya siswa sekarang sudah lebih sensitif terhadap apa yang ada di lingkungannya. Ada yang berusaha memecahkan masalah, menciptakan alat dan sebagainya. Intinya mereka ingin membuat sesuatu yang berguna bagi lingkungannya. Tentunya ini harus kita dukung. Tidak semua proposal dapat mendapatkan beasiswa, namun sebenarnya bukan beasiswa uang yang ingin kita berikan, melainkan pembimbingan, dan itu sebenarnya dapat dilakukan disekolah masing – masing. Kalau ada guru yang telaten membina penelitian, pasti suatu saat siswanya akan mampu berprestasi.

Jadi, dukungan utama yang harus didapatkan siswa dalam penelitian adalah dukungan dari lingkungan terdekatnya, yaitu sekolah. Ungkap salah satu panitia tentang misi pembinaan dalam program PSBI – BL ini.

Pengumuman proposal yang lolos akan dilakukan di www.sagasitas.org setelah tanggal 02 Maret 2012. Nantinya akan ada siswa yang lolos program beasiswa PSBI – BL dan sebagaian dari yang lolos PSBI – BL tersebut akan ada yang mendapatkan pembinaan intensif selama 4 hari dalam program GPIR (Gladi Penelitian Ilmiah Remaja) sementara yang tidak dapat ikut GPIR tetap akan mendapatkan pembinaan dari masing – masing pembimbing, baik dari pihak sekolah maupun yang disediakan sesuai bidangnya oleh sagasitas dan dinas DIKPORA. [eppo]

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia