Sagasitas Research Exhibition 2012; Perpaduan Ilmiah dan Seni

Liburan sekolah bukan berarti berdiam atau bermain-main tanpa arti. Bagi siswa-siswa binaan PSBI/BL 2012 ini, liburan sekolah dimanfaatkan untuk mempersiapkan kegiatan pameran hasil penelitiannya dalam Sagasitas Research Exhibition 2012 pada saat awal masuk sekolah nanti. Yupsie! Bertempat di Gedung E, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Sagasitas Research Exhibition (SRE) tahun ini dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juli 2012.

Sagasitas Research Exhibition 2012 ini merupakan acara tahunan Sagasitas yang telah memasuki tahun kedua di bawah naungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY. Pada kesempatan ini, ada sekitar 208 buah karya hasil penelitian siswa-siswi SMA se-DIY dari berbagai bidang ilmu pengetahuan, seperti matematika, astronomi, kesehatan, sosiologi, psikologi, dan masih banyak lagi. Semua siswa yang mengikuti kegiatan pameran dilatih untuk dapat berinteraksi dengan pengunjung, dan melatih presentasi di depan umum. Apalagi event Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia semakin dekat dan mereka harus mempersiapkannya melalui acara ini.

SRE 2012 dibuka secara resmi oleh Prof. Soenjoto pada tanggal 18 Juli 2012 dan dihadiri oleh kepala sekolah, guru pendamping, serta sejumlah tamu undangan. Upacara pembukaan pun berlangsung meriah dengan hadirnya berbagai macam pertunjukan seni di panggung utama seperti akustik, solo song, teater, dsb. Kemudian berakhir dengan doa yang dipanjatkan dengan khidmat. SRE sendiri merupakan salah satu rangkaian pembinaan penelitian remaja di DIY. Jauh hari sebelum SRE ini diselenggarakan tim Source sudah melakukan sosialisasi ke daerah dan juga menyeleksi proposal penelitian siswa yang tidak kurang dari 480an proposal yang masuk. Selanjutnya proposal tersebut di dibina secara intensif, dan bahkan beberapa diantaranya dapat mengikuti GPIR (Gladi Penelitian Ilmiah Remaja) untuk mendapat pembinaan penelitian dari pakarnya.

Masih sama seperti tahun sebelumnya, selain mengedepankan aspek ilmu pengetahuan, SRE tahun ini juga memadukan kesenian yang ditampilkan oleh siswa peserta pameran dan siswa non peserta pameran. Hal ini dimaksudkan untuk mengusir kebosanan yang selalu menjadi image ilmiah selama ini.

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia