SIDRASTA (Sistem Drainase Penghambat Banjir)

Bencana banjir kini semakin sering melanda Indonesia. Kawasan yang sering dilanda banjir di Yogyakarta ialah Jalan Laksda Adi Sucipto, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Kawasan ini merupakan kawasan padat penduduk yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas umum. Berbagai usaha telah dilakukan untuk menanggulangi bencana tersebut mulai dari memperdalam sistem drainase, membersihkan sistem drainase, dan lain-lain. Namun, hal tersebut belum menampakkan hasil hingga kini. Berawal dari masalah diatas, peneliti mencoba untuk menemukan suatu sistem drainase inovasi yang mampu menanggulangi pengendapan yang terjadi karena salah satu penyebab banjir di Indonesia adalah pendangkalan parit (sistem drainase) karena sistem tersebut tidak tertutup.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen dan studi pustaka. Metode eksperimen dilakukan untuk mengetahui susunan sistem drainase yang tepat. Sedangkan metode studi pustaka dilakukan untuk memperdalam teori yang berhubungan dengan penelitian ini.

Dari penelitian ini, kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut. Pertama, sistem drainase stadion maguwoharjo tidak langsung diterapkan atau dipindah pada sistem drainase di Jalan Laksda Adi Sucipto. Kedua, Peneliti akan menggunakan hasil dari percobaan kedelapan, yaitu dengan susunan sebagai berikut; rumput, pasir, batu koral 30, kain mori, batu koral 57 yang disangga oleh pipa. Dengan ketinggian total mencapai 11 cm. Ketiga, sistem parit terbuka dapat mengalirkan air lebih cepat daripada sistem lain. Namun seluruh air yang bercampur pasir menimbulkan pengendapan sehingga dapat menimbulkan banjir apabila terjadi terus menerus. Sedangkan sistem jaring-jaring besi ternyata juga tidak mampu mengurangi jumlah pengendapan yang terjadi pada saluran parit. Walaupun debit airnya besar, namun apabila terjadi pengendapan maka tetap akan dapat menimbulkan banjir.

Kata kunci: Banjir, Drainase

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia