Saman Dance Revolution: A Game to Preserve Traditional Dance by Using Gesture Recognition

Oleh : Burhanuddien Ibrahim R. (MA Mu’allimin Muhammadiyah – Gazi Universitesi) – Special Award for Combinating Computer Science and Culture ICYS 2012 (Netherland), Finalist OPSI 2011 and Gold Medal LPB DIY 2011

Tak bisa kita dipungkiri bahwasannya zaman ini berkembang dengan sangat pesat. Hal ini ditunjukkan dengan semakin majunya teknologi yang mempunyai banyak fungsi bagi manusia. Beberapa dari sekian banyak fungsinya yaitu fungsi hiburan dan pendidikan. Tetapi semakin majunya zaman, generasi muda seolah lupa akan kekayaan budaya bangsa. Mereka menerapkan gaya hidup budaya barat daripada menerapkan nilai-nilai seni budaya dalam aspek kehidupan sehari-hari.

Dalam penelitian ini, peneliti ingin membuat suatu game yang berfungsi untuk menyadarkan generasi muda akan pentingnya budaya kita khususnya seni tari. Peneliti memadukan salah satu seni tari yaitu tari Saman dengan teknologi Gesture Recognition. Game ini bisa dimanfaatkan khususnya di bidang pendidikan dan pelestarian budaya. Dengan pengemasan yang menarik dan dengan menggunakan teknologi Gesture Recognition diharapkan bisa memberi manfaat penuh bagi masyarakat dalam melestarikan budaya.

Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan eksperimen. Peneliti menggunakan software Camspace dalam membuat game ini, Game ini dimainkan dengan cara menggerakkan tangan ke target yang telah ditampilkan. Setelah permainan selesai, pemain akan mendapatkan nilai yang mereka dapatkan.

 

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia