MENCINTAI PENELITIAN (GPIR 2014)

Gladhi Penelitian Ilmiah Remaja (GPIR) tahun ini dimulai pada tanggal 5 Maret 2014 dan dibuka oleh Dra. Triana Purnamawati, MM., selaku Kepala Bidang Dikmenti Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. Acara dilanjutkan dengan materi penggalian ide penelitian dan metode dasar penelitian, yang disampaikan oleh Dr. Partini, SU. Materi selanjutnya dipaparkan oleh Bapak Rudi Prakanto dan Bapak Remigius Gunawan. Beliau menyampaikan cara menggali ide penelitian dan mencintai penelitian.

“Ide penelitian mungkin bisa sama antara satu siswa dengan yang lain dan itu dapat menimbulkan kecurigaan tentang plagiarisme. Tapi jangan takut! Mungkin pada saat yang sama, peneliti tersebut sedang memiliki energi yang sama untuk menghadapi masalah yang sama”, disampaikan oleh Bapak Rudi Prakanto secara humoris. Beliau juga menghimbau siswa untuk tidak hanya terpacu pada satu buah kompetisi saja, seperti OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia), tetapi juga penelitian lain seperti LPIR, NYIA, dan lain sebagainya.

Sependapat dengan Bapak Rudi, Bapak Remigius Gunawan menambahkan pentingnya mencintai penelitian, “Cinta bukan tentang apa yang kita miliki, tetapi apa yang kita berikan. Tanpa harapan kita tidak memiliki apa-apa. Tanpa cinta kita tidak bisa apa-apa. Tanpa Tuhan kita bukan apa-apa”.

Sehingga penelitian yang baik dimulai dari menemukan masalah dan menyelesaikannya dengan cara yang kita cintai. Namun, tidak melupakan metode yang sesuai pada penelitian tersebut.

(@dydhn, 5 Maret 2014)

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia