Indonesaia Juara di 1st ISPrO

Raut sumringah terpancar jelas di wajah siswa-siswa indonesia yang memperoleh medali pada kompetisi penelitian tingkat internasional, ISPrO (International Science Project Olympiad) yang dilaksanakan di Jakarta selama enam hari pada tanggal 19-24 Mei 2013.

International Science Project Olympiad (ISPrO) terwujud berkat kerja sama Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen) Kemendikbud dengan Pacific Countries Social And Economic Solidarity Asociation Indonesia (PASIAD). Olimpiade karya penelitian ilmiah itu diikuti 24 negara dengan 270 peserta yang tergabung dalam 90 tim proyek dengan memperlombakan riset ilmiah di bidang kimia, fisika, dan biologi.

Di dalam ajang ini, Indonesia diwakili oleh 15 tim yang terdiri atas 30 siswa dari berbagai daerah di Indonesia. Dari 15 Project penelitian tersebut, akhirnya Indonesia keluar sebagai juara umum dengan meraih 6 emas, 4 perak, dan 4 perunggu untuk semua kategori, yaitu bidang penelitian kimia lingkungan, biologi lingkungan, dan fisika lingkungan.

Medali emas ISPrO bidang kimia dipersembahkan pasangan Angela Lois Iskandar dan Regina Palma Pranata serta pasangan Vania Erriza dan Shafira Raudya Aidina. Medali emas bidang fisika diraih pasangan Jeni Purnamawati dan Queen Votka Rosady serta Jeffry Wicaksana dan Sheren Devina Soenario.

Bidang biologi, medali emas diraih pasangan Allice Fajri dan Primananda Rahmalida serta Amelia Nugrahaningrum dan Krisnanto Wibowo.

Dirjen Dikmen Kemendikbud Hamid Muhammad mengapresiasi seluruh peserta dari berbagai negara yang antusias mengikuti ajang tersebut. Ia juga mengapresiasi pelajar Indonesia yang mampu berlomba dengan sangat baik sehingga mampu meraih juara umum. [@eppofahmi]

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia