Sosialisasi Klinik Sains di Sleman

Tempat : Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman Jalan Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Telp. (0274) 868512 Faks. (0274) 868512 Kodepos 55511

Waktu : Jumat, 3 Februari 2012 ( pukul 08.00-15.00 WIB)

Kegiatan sosialisasi program Klinik Sains Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi D.I.Yogyakarta tahun 2012 dilaksanakan untuk pertama kalinya di Kabupaten Sleman. Sosialisaisi dilakukan di ruang pertemuan lantai 3 gedung Dinas Dikpora Sleman yang terletak di Sleman Jalan Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman pada Jumat, 3 Februari 2012. Peserta sosialisasi klinik sains merupakan perwakilan guru dan siswa yang diundang dari seluruh penjuru Kabupaten Sleman.

Peserta datang ke tempat sosialisasi mulai dari pukul 8.07 hingga 9.00 dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan oleh Bapak Zainal Abidin selaku ketua tim Sagasitas Journal and Research Centre. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Wantini, Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan Dinas Dikpora Sleman. Selanjutnya, pembukaan kegiatan secara resmi dilakukan oleh Bapak Bakhtiar selaku kepala Bidang Seksi SMA Dinas Dikpora DIY.

Usai pembukaan secara resmi oleh Pak Bakhtiar, Bapak Zainal Abidin memberi penjelasan agenda kegiatan secara umum kepada para peserta yakni kegiatan Klinik Sains untuk OSN dan OPSI. Secara khusus, penjelasan program kegiatan klinik sains OSN dilakukan oleh Nurvirta Monarizqa dan dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab dengan para peserta. Untuk bidang penelitian (OPSI), materi pengenalan dilakukan oleh Ujang Fahmi. Selanjutnya paparan kegiatan pembinaan dilakukan oleh Bapak Zainal Abidin. Kemudian acara ditutup sementara, para guru dispersilakan untuk pulang dan para peserta tetap berada di tempat untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya seteleah menunaikan ibadah Sholat Jumat.

Pukul 13.16 WIB, kegiatan dimulai kembali. Peserta dibagi ke dalam beberapa bidang, yakni bidang OSN, Sains Dasar, Sains Terapan, dan Sosial Humaniora. Tiap bidang diampu oleh beberapa anggota tim Sagasitas. Dalam kelompok-kelompok tersebut dilakukan diskusi mengenai penelitian dan kegiatan pembinaan kedepannya. Dalam kelompok tersebut juga disosialisasikan persiapan program Beasiswa Berbakat Istimewa dan Berprestasi Luarbiasa melalui seleksi masing-masing bidang OSN atau OPSI. Pukul 15.00 kegiatan diakhiri dan peserta kembali ke tempat masing-masing.

Tim Sagasitas : Zainal Abidin, Ujang Fahmi, Zulfakhri Auzar, Dani Aufar, Azmy Basyarahil, Canggih Puspo Wibowo, Matin Nuhamunada, Yan Restu Freski, Lukita Wahyu Permadi, Fahmi Ardhianto, Gayuh Mustiko Jati, Ninda Friski Rahmawati, Dyah Dhani Mustikarini, Nurvirta Monarizqa, Qisthira Swasti Amirina, Latifaturrochimah, Karina Dwi Haryani

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia