Sosialisasi Klinik Sains di Gunungkidul

Sagasitas – Gunung Kidul, 4/2/2012. Klinik sains akhirnya sampai juga ke salah satu kabupaten terjauh dari Yogyakarta, kabupaten Gunung Kidul. Acara di mulai dengan sambutan oleh kasi kurikulum dinas pendidikan Gunung Kidul, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh kasi sma Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. Dalam kesempatan ini klinik sains di hadiri oleh tidak kurang dari 20 guru dan 80an siswa paling berbakat dari sekolahnya masing-masing. Klinik sains memang diperuntukan bagi siswa yang memiliki minat untuk melakukan penelitian dan berminat mengikuti olimpiade sains. Sedangkan guru yang di undang adalah guru penelitian. Tidak semua siswa dan guru bisa mengikuti kegitan. Ungkap salah satu panitia.

Sosialisasi klinik sains ini dilaksankan di SMAN 2 Wonosari. Dalam sambutannya, kepala sekolah menyambut gembira adanya acara ini. Diakui olehnya bahwa gunung kidul memiliki banyak potensi dan belum dimaksimalkan. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan oleh bapak kepala sekolahnya.

Bahctiar, bahwa masing-masing kabupaten memiliki potensi yang sama untuk berprestasi. Namun usaha dan langkah selanjutnya yang akan menentukan hasil akhir, yaitu sebuah prestasi. Dalam beberapa tahun terakhir ini, selalu ada peserta olimpiade penelitian dari Gunung Kidul, namun masih belum mendapatka juara, dan itu juga masih terbatas dari beberapa sekolah saja. Pemerataan adalah sesuatu yang diharapkan dengan adanya klinik sains ini, dimana semua pihak, mulai dari dinas pendidikan, guru dan siswa dituntut untuk lebih aktif dan sensitif terhadap kebutuhan dilingkungannya untuk diteliti. Sehingga dengan demikian Gunung Kidul siap melompat lebih tinggi, peserta sudah, kini saatnya jadi juara. [Eppo]

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia