Mengenal Penelitian Teknik Elektro

Why?

Karena hampir segala sesuatu yang berkaitan dengan listrik sangatlah vital. Sehingga topik penelitian di bidang teknik elektro sangatlah menarik untuk dikaji karena selain permasalahan yang cukup vital juga menjadi permasalahan banyak orang.

What?

Bidang penelitian Teknik Elektro adalah Bidang penelitian yang berlandaskan dasar-dasar ilmu elektro sebagai teori maupun implementasi dari penelitian yang akan dilaksanakan. Tema yang berkaitan dengan penelitian teknik elektro adalah perancangan rangkaian elektronis untuk tujuan dan fungsi tertentu, pengolahan sinyal berbasis piranti keras (hardware) maupun lunak (software), perancangan skema instrumentasi, robotika – mekatronika, dan teknologi tepat guna berbasis elektris. Biasanya inti

Where?

Bidang ini dapat ditemukan dan diimplementasikan di mana saja tergantung dari perspektif yang digunakan oleh peneliti. Hampir semua bidang penelitian dapat dikolaborasikan dengan ilmu teknik elektro sedemikian hingga diperoleh penelitian multi-disiplin. Contohnya adalah instrumentasi biomedis, revitalisasi dan peningkatan efisiensi sistem antena untuk darah residensia, dll. Untuk akses pengujian alat dan observasi, salah satunya dapat dilakukan di laboratorium yang ada jurusan teknik elektro dan teknologi informasi (cek di laman s1.jteti.ugm.ac.id)

When?

Bidang ini dapat dilakukan kapanpun sesuai kebutuhan solusi yang dibutuhkan. Permasalahan seputar elektro adalah permasalahan yan tergolong up-to-date sehingga akan memunculkan masalah-masalah baru seiring perkembangan zaman dan teknologi.

Who?

Para pakar teknik elektro dapat dijumpai di beberapa perguruan tinggi atau sekolah menengah atas/kejuruan yang dapat dijadikan sebagai narasumber dalam penelitian. Beberapa praktiksi listrik juga bisa dijadikan sebagai pendamping dalam melaksanakan praktek-praktek di lapangan.

How?

Untuk mencari topik di bidang teknik elektro, dapat dilakukan beberapa hal sebagai berikut,

  1. Cari masalah penelitian yang akan dikaji
  2. Identifikasi masalah utama yang akan disolusikan melalui keywords yang ada dan penelitian serupa/relevan dari peneliti lain
  3. Temukan dasar-dasar teori kelisitrikan dan implementasikan rancangan solusi pada penelitian yang akan dikaji
  4. Temukan cara untuk mengambil data
Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia