Klinik Sains – jawab tantangan pendidikan modern

“Sekolahpun keliru bila ia tidak tahu diri bahwa perannya tidak seperti yang diduga selama ini. Ia bukan penentu gagal tidaknya seorang anak” (Goenawan Mohamad, Catatan Pinggir). Nampaknya statement ini berbanding lurus dengan upaya Dinas Pendidikan, Pemuda, Dan Olah Raga Provinsi D.I.Yogyakarta dalam mengadakan Workshop Pembinaan Sains Siswa SMA. Acara yang diselenggarakan pada hari Jumat, 27 Januari 2012 di Sasana Krida Dinas Dikpora ini dibuka secara langsung oleh Bapak Alip, selaku Kabid Dikmenti Dikpora D.I.Y.

Kegiatan sosialisasi program Klinik Sains ini juga menghadirkan pembicara ahli di bidang OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan OPSI (Olimpiade Peneliitian Siswa Indonesia), yaitu Dra. Endang Sih Prapti, MA dan Prof. Dr. H. Soenjoto, DIP. HE.,DEA. Beberapa hal pokok menyangkut peran Dinas, Sekolah dan siswa pun didiskusikan bersama dengan perwakilan dari 75 sekolah di seluruh DIY.

“Diharapkan pada pelaksanaan OSN ke depan, Dinas dapat memberikan pola pembinaan yang konstan terhadap para peserta, dan bagi pihak sekolah diusahakan tidak melakukan kegiatan pembinaan secara mendadak. Jangan sampai siswa menjadi korban”, ujar Ibu Endang. Sedangkan dalam bidang penelitian, Bapak Soenjoto berusaha membuka mata kaum pendidik untuk meniru usaha negara maju dalam mengembangkan sistem pendidikan dengan statement menirulah untuk mencipta dan memberikan beberapa pertanyaan fisika yang berhadiah buku karangan beliau. Setelah sesi diskusi berakhir, acarapun ditutp oleh Bapak Bachtiar, dan semua pihak berharap agar susunan agenda yang telah disosialisasikan dapat terlaksana dengan baik.

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia