GPIR 2013–Mencetak generasi andal

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda sebagai peneliti yang dapat memberikan hal positif bagi Indonesia, khususnya dari Daerah Istimewa Yogyakarta. 100 siswa yang diundang dan dibina dalam GPIR, sebelumnya sudah mengajukan proposal penelitian dalam berbagai bidang ilmu. Bidang ilmu tersebut dibagi menjadi 3 kategori, yaitu bidang Sains Dasar (matematika, fisika, kimia, geosains, astronomi dan biologi), bidang Sains Terapan dan bidang Sosial Humaniora.

Dalam kegiatan pembinaan ini siswa berkesempatan untuk mendapat pengetahuan tentang penelitian dari para pakar yang diundang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperi UI-Depok, dan UGM-Yogyakarta.

Peneliti tidak hanya dapat melakukan penelitian dengan metode-metode ilmiah yang sudah ada. Lebih dari itu, peneliti memiliki tanggungjawab moral yang tinggi untuk tidak menyalahgunakannya dalam kehidupan. Nilai-nilai seperti perencanaan dan kejujuran merupakan titik terpenting dalam penelitian, menjadi fokus salah seorang pembicara dalam sebuah sesi materi. Hal tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kemajuan yang diharapkan dapat segera terwujud.

Peneliti harus mampu menjadi manusia yang andal, mampu merespon masalah yang ada di lingkungannya dan mencoba mencari solusi dengan cara-cara yang dapat dipertangungjawabkan. Inilah tujuan utama GPIR. [Ujang Fahmi & Dyah Dhani]

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia