BE A GOOD PRESENTER #2

PREPARING THE SLIDES

Seperti yang sudah dijelaskan seblumnya, visual story memiliki peran yang penting dalam sebuah presentasi. Salah satu bentuk dari visual story yang sering kita gunakan untuk presentasi adalah power point. Nah, berikut ini tips-tips yang bisa diterapkan untuk membuat power point yang catchy:

1. Creating Slide Ideologi

Power point yang baik adalah power point yang dibangun berdasarkan ideologi. Dia memiliki aturan sendiri yang harus ditaati dari slide pertama hingga slide terakhir, seperti jenis font, ukuran font, gambar warna, dll. Jangan pernah membuat power point secara random, dimana masing-masing slide memiliki aturan sendiri. Sebaiknya pemilihan gambar dan warna juga bergantung pada materi yang kita presentasikan.

clip_image004

Slide Ideologi:

clip_image006

2. 5 Do-s

Lima hal yang harus dilakukan saat membuat slide:

– Do #1 : Keep it simple

Berusahalah untuk membuat slide se-simple mungkin. Isi dari slide jangan terlalu penuh. Sesuaikan ukuran gambar dengan huruf, dan huruf jangan dianeh aneh (miring-miring, dsb).

clip_image008

– Do #2 : Stay Consistant

Seperti yang sudah disebutkan di awal, pada saat membuat slide usahakan aturan dari tiap slide adalah konsisten, mulai dari pemilihan warna, huruf, gambar, dsb.

clip_image010

– Do #3 : Build your presentation for your audien

Ingat bahwa tujuan kita presentasi adalah untuk membuat audiens paham dengan apa yang kita sampaikan. Untuk itu, dalam membuat slide, usahakan isi dari slide tersebut “sebodoh” mungkin, sehingga siapapun yang membacanya akan langsung paham.

clip_image012

– Do #4 : Keep Bullet Point Short and Clearclip_image014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apabila akan membuat bullet, usahakan kalimat yang digunakan jangan terlalu panjang. Tatalah bullet supaya lebih enak dilihat:

clip_image016

– Do #5 :Use beautiful high quality images

Dalam presentasi gunakan gambar yang jelas dengan resolusi tinggi. Jangan gunakan gambar yang pecah-pecah. Apabila ingin menyesuaikan gambar dengan ruang yang tersedia, cobalah untuk melakukan cropping, jangan mengubah ukuran gambar.

clip_image018

3. 5 Don’t-s

Lima hal yang harus dihindari saat membuat slide:

– Don’t #1 : Use Too Many Elements on Slide

Jangan terlalu banyak gambar, jangan terlalu banyak tulisan. Usahakan masih ada space kosong dalam slide.

clip_image020

– Don’t #2 : Build a Presentation Based on Bullets

clip_image022

Apabila kita akan membuat presentasi yang terdiri dari beberapa poin dimana tiap poin itu akan kita jelaskan secara panjang lebar, maka pisahkanlah poin-poin tersebut menjadi beberapa slide. Jangan hanya dijadikan satu slide saja.

clip_image023

– Don’t #3 : Place Image Randomly

Apabila akan menampilkan banyak gambar dalam satu slide, maka tatalah gambar dengan rapi. Jangan meletakkan gambar secara asal asalan

clip_image025

– Don’t #4 : Use Slide Presented as a Handout

Jangan pernah sekali kali slide yang kita presentasikan kita print kemudian kita jadikan handout. Mengapa? Karena saat kita menjadikan presentasi sebagai handout, bisa dipastikan slide yang kita presentasikan akan penuh dengan tulisan, dan itu akan menjadi sangat membosankan ketika digunakan untuk presentasi.

clip_image027

– Don’t #5 : Overdo WordArt

Jangan menggunakan terlalu banyak efek pada tulisan pada slide seperti kemiringan, shadow, bergelombang, dll. Hal itu justru akan membuat audiens pusing. Pilihlah huruf-huruf yang jelas dan mudah dibaca.

clip_image029

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia