An Interesting Way to Learn Gamelan

By : Ninda Frisky Rahmawati, Annisa Fitriani dan Miftah Adiyaksa Luckyarno (SMAN 1 Yogyakarta) – Gold Medal INAYS 2011 & Bronze Medal ICYS 2011

Gamelan merupakan salah satu instrument musik asal Yogyakarta, Indonesia yang dahulu cukup terkenal di seluruh dunia. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan bermunculannya alat-alat musik modern yang praktis dan mudah dimainkan, gamelan menjadi terlupakan. Oleh karena itu, penulis bermaksud membuat sebuah media bermain gamelan yang mudah dan menyenangkan, yaitu dengan membuat game.

Tujuan dari pembuatan game ini adalah untuk membuat masyarakat Indonesia, khususnya para remajanya mau bermain gamelan kembali dengan cara yang lebih mudah, praktis dan menyenangkan. Selain itu juga untuk melestarikan keberadaan gamelan dengan mempublikasikannya melalui jejaring social sehingga dapat dipergunakan olehj semua orang.

Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Macromedia Flash. Pada dasarnya terdapat 4 bagian dalam permainan ini. Pertama perkenalan tentang gamelan. Kedua pengenalan instrument-instrumen gamelan. Ketiga, pengenalan musik-musik Jawa yang dapat dimainkan dengan gamelan. Keempat, adalah game yang bertujuan untuk melatih bermain gamelan.

Game ini dapat dijadikan salah satu alternative berlajar bermain gamelan yang mudah dan menyenangkan. Sehingga akan banyak orang yang mau belajar bermain gamelan.

Sekretariat Sagasitas - Jalan Cendana No 9 Yogyakarta, 55223 Indonesia
Sanggar Sagasitas - Jalan Pogung Raya 272F, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284 Indonesia